Review Buku How to Respect My Self


Pernah nggak sih manteman baca buku nonfiksi sampai nangis ?

Judul: How to respect my self
Penulis: Yoon Hong Gyun
Genre: Self improvement
Penerbit: Transmedia Pustaka
Tebal: 342 hlm.

Buat aku, buku ini adalah buku pertama nonfik yang buat aku nangis, saking relatenya ☹️
Abis baca buku ini aku tuh mikir, aku kira aku sudah bisa mengenal diri aku sepenuhnya, ternyata belum. 

Dalam buku ini dibahas berbagai kasus seputar harga diri dengan pendekatan yang praktis dan metode yang bisa diterapkan untuk meningkatkan “harga diri” baik percintaan, pertemanan, perpisahan, dan hubungannya dengan manusia.
 
Ngomongin harga diri, apa sih itu ? apakah sepenting itu harus dimiliki seseorang ? Kalau dalam buku ini, penulis mendefinisikan harga diri sebagai “skala Kesehatan jiwa”, karena kadang permasalahan yang terjadi baik bersifat personal ataupun tidak, kemungkinan terkait dengan harga diri. 

Kalau di suruh milih bagian fav, asli bingung, hampir semuanya aku suka, sampai di tiap bagian aku anotasi haha. Tapi, kalau tetap di suruh milih, aku pilih 2, bagian percintaan, dan “harga diri dengan hubungan manusia.” Mungkin Sebagian orang menganggap harga diri adalah nilai yang orang lain berikan, sampai akhirnya haus pengakuan. Padahal harga diri adalah bagaimana cara kita memandang diri sendiri tanpa memerlukan validasi dari orang lain, sehingga kita bisa lebih mencintai dan menghargai diri sendiri.

Buku ini juga meminta kita untuk tetap waras dengan akal dan pikiran agar bisa lebih mampu mengelola, mengekspresikan dan tidak menyembunyikan emosi hanya karena takut merasa bahwa perasaan yang kita miliki itu berlebihan.

Awalnya aku berekspetasi kalau bukunya bakal cepat aku selesaikan, ternyata nggak, butuh waktu yang lumayan lama untuk bisa memahami setiap babnya.

At the last, buku ini membantu aku lebih aware sama diri sendiri, sehingga bisa menumbuhkan harga diri yang sehat dengan metode praktikal di setiap babnya, jadi gak cuma teori saja. Buat yang sering dan masih merasa insecure atau gak PD dan pengen memperbaiki harga diri, buku ini highly recommended.

Posting Komentar

0 Komentar