Dalam sehari, setiap orang memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam. Tetapi, tidak semua orang tau bagaimana menggunakannya agar tetap efesien. Alhasil, hari yang dijalani pun tanpa rencana dan diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Menjalani hari tanpa rencana akan dipenuhi kebingungan dan kekhawatiran sendiri, karena tidak tau apa yang harus dilakukan saat itu. Karenanya, memiliki skill time management yang bagus sangat penting dalam kehidupan kita.
Pertanyaannya apa itu time
management ? Time management atau disebut juga manajemen waktu adalah kemampuan dalam mengatur dan merencanakan waktu yang akan dihabiskan untuk kegiatan yang
bermanfaat agar semakin produktif dan
dapat mencapai tujuan.
Nah ini dia 5 tips cara manajemen waktu yang baik agar tetap produktif:
1. Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Keyword dari time managemen itu sendiri adalah
mencapai tujuan. Jika kita sudah tau apa tujuan kita, untuk membuat manajemen
waktu akan lebih mudah. Tentukan tujuan jangka panjang mu, kemudian
identifikasi tujuan-tujuan tersebut menjadi lebih rinci dalam jangka pendek.
Tulis semua kegiatan atau hal-hal yang bisa mendekatkan kita kepada tujuan yang lebih besar itu. Misalnya, 10 tahun dari sekarang kamu ingin menjadi penulis yang menerbitkan buku-buku best seller, nah untuk mencapai tujuan itu kamu harus rinci dengan tujuan jangka pendek, misal dalam sebulan sudah harus menguasai beberapa skill kepenulisan, mengikuti berbagai pelatihan kepenulisan, ikut seminar, dll. Kegiatan-kegiatan itu yang disebut tujuan jangka pendek.
Dalam menulis tujuan-tujuan tersebut yang harus diperhatikan adalah jangka waktu yang pasti, tentukan jangka waktunya dengan jelas dan terperinci, bagi menjadi perhari, perminggu, perbulan dan pertahun.
2. Kerjakan yang paling prioritas terlebih dahulu
Setelah tujuan jangka pendek ditulis secara rinci,
tentukan kegiatan atau pekerjaan yang lebih utama dahulu. Cara paling mudah
untuk menentukannya adalah dengan
membaginya kedalam 3 aspek, sangat penting, penting, dan tidak penting. Untuk setiap
aspek, tentukan 1-2 kegiatan. Dalam
sehari cukup tentukan 3-4 kegiatan wajib, gak usah banyak-banyak yang penting
bisa konsisten lebih dahulu. Setelah dipilah dan dipilih mulailah kerjakan kegiatan-kegiatan
yang prioritas terlebih dahulu.
3. Menggunakan teknik pomodoro timer
Jika sudah membagi kegiatan-kegiatan tersebut,
cara yang paling efektif agar dapat terlaksana adalah dengan menggunakan teknik pomodoro. Cara ini sangat efektif bagi
pelajar atau mahasiswa dalam mengatur jadwal belajar mereka. Tapi, mungkin bagi beberapa
orang kurang efektif, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Lalu apa itu
pomodoro timer ? Pomodoro timer adalah teknik memanajamen waktu dengan bantuan
timer untuk memecahkan waktu menjadi beberapa bagian interval. Cara jelasnya
begini:
a. Tentukan kegiatan yang mau dikerjakan. Ingat,
dahulukan yang prioritas.
b. Set timer dalam hp kamu selama beberapa menit
20-30 menit (Tergantung aktifitas yang kamu kerjakan, saran ku bisa mulai
dengan 30 menit).
c. Kerjakan kegiatan tersebut dengan fokus sampai
timer berbunyi. Ingat, gak boleh mengerjakan apapun selama timer berjalan,
hanya fokus kepada satu kegiatan itu.
d. Setelah timer selesai, berhentilah melakukan
kegiatan tersebut meskipun pekerjaan belum selesai.
e. Istirahat selama beberapa menit bisa 3-5 menit,
jangan lupa pasang timer agar tidak lupa waktu.
f. Ketika waktu istirahat selesai, mulai kerjakan
kegiatan yang lain.
g. Ulangi cara tersebut setiap hari, sehingga bisa menjadi
habits.
4. Konsisten dan fokus
Konsistensi disini sangat penting. Percuma buat
banyak kegiatan tapi gak terlaksana, malah buat tidak fokus dan terkadang menjadi
seperti beban. Karena itu, cukup kerjakan 3-4 kegiatan wajib saja setiap hari
secara konsisten. Lakukan secara berulang-ulang hingga menjadi habits, bahkan
sampai ke tahap “gak nyaman kalau ditinggali”
5. Beri Pushment
Kalau ini optional sih, boleh dilakukan bisa gak.
Tapi akan efektif jika dilakukan. Ketika ada kegiatan atau aktifitas yang belum
terlaksana kita beri pushment terhadap diri kita sendiri, gak perlu yang
berat-berat. Misal, aku kan senang nonton drakor kalau dalam sehari ada
kegiatan wajib yang belum aku kerjakan, otomatis tidak ada drakor dalam 1 hari
itu. Menurutku ini salah satu cara membangun konsistensi, sehingga seiring
berjalannya waktu pushment gak diperlukan lagi karena sudah menjadi habits.
Itu dia 5 tips
cara manajemen waktu yang baik agar tetap produktif. Semoga bisa bermafaat bagi
teman-teman semua. Perlu diingat! Setiap orang memiliki cara nya masing-masing
dalam memanajamen waktu yang dimiliki,
disini aku hanya sharing cara yang sudah aku lakukan. Semoga bisa efektif bagi
teman-teman semua.
33 Komentar
Terimakasih kontennya bermanfaat, jujur saja saya masih belum bisa mengelola waktu supaya tetap produktif.
BalasHapusMasyaAllah makasi kak udah mampir, semoga setelah baca artikel ini bisa ya kak
HapusMantul mbak sangat bermanfaat
BalasHapusMasyaAllah makasi kak udah mampir
HapusSaya termasuk orang yang melalaikan waktu, suka sibuk dalam satu hal saja, setiap hari begitu, sama seperti admin saya juga membuat blog dan waktu saya habis untuk mengembangkan nya, baru-baru ini saya merilis artikel tentang sitemap.xml seo friendly dan tentang custom robots.txt blogger yang didahului tentang cara membuat robots.txt seo. Tidak sedikit waktu terbuang hanya untuk itu.
BalasHapusTerima kasih kak atas informasinya. Sangat bermanfaat. 👍
BalasHapusMasyaAllah terimakasi kak sudah mampir
HapusMantap kak bisa jadi pedoman menejemen waktu, terimakasih
BalasHapusMasyaAllah Alhamdulillah semoga bisa bermanfaat
Hapusmenejemen waktu
BalasHapusSiapa yang bisa mengatur akan sukses
mantap nih
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih sudah berkunjung 🙏
HapusMantap infonya
BalasHapusMantap infonya
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih sudah berkunjung 🙏
Hapusmending gunakan waktu dengan fokus pada skill kayaknya ya...
BalasHapusMasih pe er sih emang. Intinya hrs kuat tekadnya dr diri sendiri.
BalasHapusBetul harus kuatkan diri dan yakin. Terimakasih sudah berkunjung 🙏
HapusTips yg saya cari,,
BalasHapusSy sering buang2 wktu soalnya hehe
Kadang kita suka sulit mengatur waktu sih.
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusSaya suka berantakan ngatur waktu thank infonya
BalasHapusSama-sama kak. Terimakasih sudah berkunjung 🙏
Hapussangat bermanfaat sekali
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih sudah berkunjung 🙏
HapusThanks infonya... Jadi bs beljaar menyesuaikan dengan agenda.
BalasHapusSemangat kak
HapusBener banget,management waktu sangat penting biar produktif
BalasHapusKalo saya biasanya paling sulit itu ngatur waktu, suka ketuker
BalasHapusUntuk management waktu harus kita latih dari sekarang. Karena aga pas udah di dunia kerja bisa mengatur waktu nya sebaik mungkin
BalasHapusBener banget tipsnya. Aku udah aplikasiin
BalasHapusKadang kiita merasa kurang waktu. Nah, ini bisa jadi pedomannya
BalasHapusIni cara yg bagus untuk mengatur waktu saya
BalasHapus