5 Tips agar Mampu Memanajemen Waktu dengan Baik

 


Dalam sehari, setiap orang memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam. Tetapi, tidak semua orang tau bagaimana menggunakannya agar tetap efesien. Alhasil, hari yang dijalani pun tanpa rencana dan diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Menjalani hari tanpa rencana akan dipenuhi kebingungan dan kekhawatiran sendiri, karena tidak tau apa yang harus dilakukan saat itu. Karenanya, memiliki skill time management yang bagus sangat penting dalam kehidupan kita. 

Pertanyaannya apa itu time management ? Time management atau disebut juga manajemen waktu adalah kemampuan dalam mengatur dan merencanakan waktu yang akan dihabiskan untuk kegiatan yang bermanfaat  agar semakin produktif dan dapat mencapai tujuan.

Nah ini dia 5 tips cara manajemen waktu yang baik agar tetap produktif:

1. Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Keyword dari time managemen itu sendiri adalah mencapai tujuan. Jika kita sudah tau apa tujuan kita, untuk membuat manajemen waktu akan lebih mudah. Tentukan tujuan jangka panjang mu, kemudian identifikasi tujuan-tujuan tersebut menjadi lebih rinci dalam jangka pendek. 

Tulis semua kegiatan atau hal-hal yang bisa mendekatkan kita kepada tujuan yang lebih besar itu. Misalnya, 10 tahun dari sekarang kamu ingin menjadi penulis yang menerbitkan buku-buku best seller, nah untuk mencapai tujuan itu kamu harus rinci dengan tujuan jangka pendek, misal dalam sebulan sudah harus menguasai beberapa skill kepenulisan, mengikuti berbagai pelatihan kepenulisan, ikut seminar, dll. Kegiatan-kegiatan itu yang disebut tujuan jangka pendek. 

Dalam menulis tujuan-tujuan tersebut yang harus diperhatikan adalah jangka waktu yang pasti, tentukan jangka waktunya dengan jelas dan terperinci, bagi menjadi perhari, perminggu, perbulan dan pertahun.


        2. Kerjakan yang paling prioritas terlebih dahulu

Setelah tujuan jangka pendek ditulis secara rinci, tentukan kegiatan atau pekerjaan yang lebih utama dahulu. Cara paling mudah untuk  menentukannya adalah dengan membaginya kedalam 3 aspek, sangat penting, penting, dan tidak penting. Untuk setiap aspek, tentukan 1-2  kegiatan. Dalam sehari cukup tentukan 3-4 kegiatan wajib, gak usah banyak-banyak yang penting bisa konsisten lebih dahulu. Setelah dipilah dan dipilih mulailah kerjakan kegiatan-kegiatan yang prioritas terlebih dahulu.

 

             3. Menggunakan teknik pomodoro timer

Jika sudah membagi kegiatan-kegiatan tersebut, cara yang paling efektif agar dapat terlaksana adalah dengan menggunakan teknik pomodoro.  Cara ini sangat efektif bagi pelajar atau mahasiswa dalam mengatur jadwal belajar mereka. Tapi, mungkin bagi beberapa orang kurang efektif, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Lalu apa itu pomodoro timer ? Pomodoro timer adalah teknik memanajamen waktu dengan bantuan timer untuk memecahkan waktu menjadi beberapa bagian interval. Cara jelasnya begini:

a.       Tentukan kegiatan yang mau dikerjakan. Ingat, dahulukan yang prioritas.

b.         Set timer dalam hp kamu selama beberapa menit 20-30 menit (Tergantung aktifitas yang kamu kerjakan, saran ku bisa mulai dengan 30 menit).

c.         Kerjakan kegiatan tersebut dengan fokus sampai timer berbunyi. Ingat, gak boleh mengerjakan apapun selama timer berjalan, hanya fokus kepada satu kegiatan itu.

d.         Setelah timer selesai, berhentilah melakukan kegiatan tersebut meskipun pekerjaan belum selesai.

e.         Istirahat selama beberapa menit bisa 3-5 menit, jangan lupa pasang timer agar tidak lupa waktu.

f.         Ketika waktu istirahat selesai, mulai kerjakan kegiatan yang lain.

g.         Ulangi cara tersebut setiap hari, sehingga bisa menjadi habits.

 

          4. Konsisten dan fokus

Konsistensi disini sangat penting. Percuma buat banyak kegiatan tapi gak terlaksana, malah buat tidak fokus dan terkadang menjadi seperti beban. Karena itu, cukup kerjakan 3-4 kegiatan wajib saja setiap hari secara konsisten. Lakukan secara berulang-ulang hingga menjadi habits, bahkan sampai ke tahap “gak nyaman kalau ditinggali”


    5. Beri Pushment

Kalau ini optional sih, boleh dilakukan bisa gak. Tapi akan efektif jika dilakukan. Ketika ada kegiatan atau aktifitas yang belum terlaksana kita beri pushment terhadap diri kita sendiri, gak perlu yang berat-berat. Misal, aku kan senang nonton drakor kalau dalam sehari ada kegiatan wajib yang belum aku kerjakan, otomatis tidak ada drakor dalam 1 hari itu. Menurutku ini salah satu cara membangun konsistensi, sehingga seiring berjalannya waktu pushment gak diperlukan lagi karena sudah menjadi habits.


    Itu dia 5 tips cara manajemen waktu yang baik agar tetap produktif. Semoga bisa bermafaat bagi teman-teman semua. Perlu diingat! Setiap orang memiliki cara nya masing-masing dalam memanajamen waktu  yang dimiliki, disini aku hanya sharing cara yang sudah aku lakukan. Semoga bisa efektif bagi teman-teman semua.

Posting Komentar

33 Komentar

  1. Terimakasih kontennya bermanfaat, jujur saja saya masih belum bisa mengelola waktu supaya tetap produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah makasi kak udah mampir, semoga setelah baca artikel ini bisa ya kak

      Hapus
  2. Mantul mbak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Saya termasuk orang yang melalaikan waktu, suka sibuk dalam satu hal saja, setiap hari begitu, sama seperti admin saya juga membuat blog dan waktu saya habis untuk mengembangkan nya, baru-baru ini saya merilis artikel tentang sitemap.xml seo friendly dan tentang custom robots.txt blogger yang didahului tentang cara membuat robots.txt seo. Tidak sedikit waktu terbuang hanya untuk itu.

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak atas informasinya. Sangat bermanfaat. 👍

    BalasHapus
  5. Mantap kak bisa jadi pedoman menejemen waktu, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah Alhamdulillah semoga bisa bermanfaat

      Hapus
  6. menejemen waktu

    Siapa yang bisa mengatur akan sukses

    BalasHapus
  7. mending gunakan waktu dengan fokus pada skill kayaknya ya...

    BalasHapus
  8. Masih pe er sih emang. Intinya hrs kuat tekadnya dr diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul harus kuatkan diri dan yakin. Terimakasih sudah berkunjung 🙏

      Hapus
  9. Tips yg saya cari,,
    Sy sering buang2 wktu soalnya hehe

    BalasHapus
  10. Kadang kita suka sulit mengatur waktu sih.

    BalasHapus
  11. Saya suka berantakan ngatur waktu thank infonya

    BalasHapus
  12. Thanks infonya... Jadi bs beljaar menyesuaikan dengan agenda.

    BalasHapus
  13. Bener banget,management waktu sangat penting biar produktif

    BalasHapus
  14. Kalo saya biasanya paling sulit itu ngatur waktu, suka ketuker

    BalasHapus
  15. Untuk management waktu harus kita latih dari sekarang. Karena aga pas udah di dunia kerja bisa mengatur waktu nya sebaik mungkin

    BalasHapus
  16. Bener banget tipsnya. Aku udah aplikasiin

    BalasHapus
  17. Kadang kiita merasa kurang waktu. Nah, ini bisa jadi pedomannya

    BalasHapus
  18. Ini cara yg bagus untuk mengatur waktu saya

    BalasHapus