Review Buku A Little Star Still Shines Brightly


Buat yang lagi merasa “rendah diri” coba deh baca buku ini

Judul: A Little Star Still Shines Brightly
Penulis: So Yoon
Genre: Puisi esai
Penerbit: Reneluv
Tebal: 237 hlm.

“Karena kita semua. Sudah berusaha. Sudah bekerja keras. Karena kita berharga.” -hlm. 6

Buku ini merupakan puisi essai yang memiliki 4 pembahasan utama, Hidup itu bersinar meski tak ada jawaban, mungkin itu cinta, rasa sakit yang dialami semua orang sedikit demi sedikit, dan terakhir pertanyaan untukmu dan aku.

Menurutku pembahasannya lebih banyak menonjol ke “aku alias diri sendiri”, seperti “egois dalam hal baik mungkin ?” Kalau melihat budaya Korea yang “selalu dituntut untuk memenuhi standar orang lain” aku rasa buku ini memang relate, jadi gak salah lagi kalau buku ini menjadi best selling book.

Aku suka semua pembahasan dalam bukunya, diantaranya ada bahas tentang people pleaser, bahwa kita tidak harus selalu mengiyakan semua permintaan orang lain. Ada kalanya kita harus belajar menolak dan tidak lupa dengan jati diri kita sendiri. Ada juga bahas tentang harapan, menghargai hidup dan diri kita sendiri, membangun hubungan yang baik, dan masih banyak lagi.

Oh iya, ada satu bagian yang aku kurang sreg, tentang percintaan, karena aku pribadi tidak tertarik dengan pembahasan gitu-gitu wkwk.

Beberapa hal yang aku dapat dalam buku ini:
- Kita harus selalu bersyukur dan menghargai setiap hal baik dan buruk yang terjadi, karena dari situlah kehidupan kita dibentuk
- Salah satu cara untuk mencintai diri sendiri adalah dengan melakukan hal yang kita sukai, sekecil dan sesederhana apapun itu. Dan aku pribadi sedang melakukan itu. Dengan membaca, aku sedang berusaha untuk mencintai diri sendiri. 
- Cara cepat untuk Bahagia adalah dengan tidak berharap tinggi terhadap orang lain. Cukup memberi tanpa mengharap balas dari manusia.

Overall aku suka sama bukunya, berasa dipeluk dan di puk-puk “Jangan merasa rendah diri, kamu berharga untuk dirimu sendiri dan orang-orang yang menyayangimu” ㅠㅠ 

At the last, buku ini aku rekomendasikan buat yang lagi merasa “down” dan “sedang tidak bisa menghargai diri sendiri”

Posting Komentar

0 Komentar